Setting PABX: Set Line CO Tertentu untuk Extension tertentu

Karena ada yang bertanya bagaimana cara set Line Tertentu untuk extension Tertentu, maka pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan cara setting untuk 'case' diatas secara umum untuk PABX tipe medium / besar atau lebih dari 24 extension sampai dengan 1.000 extension:
  1. Setting line CO dari PABX yang hendak digunakan oleh extension sebagai grup CO yang unik atau tidak ada duanya
  2. Pastikan bahwa line CO yang sudah diberi label grup CO tertentu tadi dapat diakses dengan dial 9 atau angka berapapun yang merupakan angka untuk 'CO local Access'
  3. Buat Class of Service yang unik yang tidak dimiliki oleh extension lain. Jangan sekali-kali mengubah COS yang sudah ada, apalagi yang digunakan oleh extension lain.
  4. Pastikan CoS yang baru ini mengakses hanya grup CO tertentu tadi yang tidak boleh diambil oleh CoS lainnya (jadi perlu lakukan block grup CO itu tidak dapat diakses oleh CoS lainnya) plus grup CO lain yang diperbolehkan untuk diambil (jika tidak ada, ya cukup satu grup CO tertentu saja yang diperbolehkan untuk diakses)
  5. Pasangkan atau sematkan CoS tadi ke extension yang hendak diberi CO tertentu tadi
Demikian settingan Anda sudah selesai. Jangan lupa dites dan dicatat setiap langkah yang Anda lakukan supaya tidak terjadi kesalahan. Terlebih Anda dapat mengembalikan ke awal bila terjadi ketidak cocokan.

PESAN PENTING.
  • Baca dan pahami apa yang tertulis di sini, jika ragu bertanya lebih dahulu.  
  • Kami / penulis tidak bertanggung jawab bila terjadi kesalahan atas praktek yang keliru dari bacaan di atas